Select Menu
Select Menu

Favourite

Jawa Timur

Wisata

Gambar tema oleh konradlew. Diberdayakan oleh Blogger.

Slider

Culture

Transportasi Tradisional

Rumah Adat

Bali

Pantai

Seni Budaya

Kuliner

» » Hidroponik, Cara Menanam Dengan Kualitas dan Hasil Yang Memuaskan


Unknown 14.53 0

Hidroponik adalah teknik menanam yang sudah tidak asing bagi kita. Rata – rata tanaman dipelihara dengan metode ini jauh lebih sehat. Selain itu, teknik hidroponik telah mampu mempercepat pertumbuhan tanaman sebesar 30% hingga sampai 50%. Dengan teknik hidroponik, tanaman akan tumbuh lebih cepat pula karena penyerapan nutrisi lebih maksimal. Nutrisi yang diberikan dapat tercampur langsung dengan media air yang digunakan.

Ada macam – macam media yang dapat digunakan sebagai media yang digunakan untuk menanam tanaman dengan media hidroponik. Hidrocorn adalah media yang mengalirkan air paling cepat, Media ini akan membuat tanaman lebih banyak menyerap nutrisi yang diberikan. Selain itu media hidrocon dapat kita gunakan berulang – ulang.

Ada juga media lain seperti rockwool, media ini menggunakan bebatuan seperti susunan dari bebatuan vulkanis dan beberapa batu kapur. Pembuatan media ini adalah dengan melelehkan bahan dengan suhu yang tinggi. Adonan lelehan tersebut di pintal dengan alat khusus seperti pengolahan kapas. Kemudian dibentuk lembaran atau di press menjadi bentuk lembaran atau kotak. Kelebihan media ini adalah mampu menampung kandungan air lebih banyak sekitar 12 kali lebih banyak dan kandungan udara yang lebih banyak 20%. Kelemahan dari media ini yaitu kadar pH yang tinggi dengan ukuran pH 7.8.

Media lain yang biasa digunakan adalah perlit atau vermikulit, dan beberapa macam atau jenis pasir.
Nutrisi yang diberikan harus tepat dan sesuai agar tanaman tumbuh dengan sesuai yang diharapkan. Nutrisi dapat dibeli di toko khusus hidroponik. Nutrisi yang paling sering didapati adalah bentuk konsentrat yang dapat dengan mudah Larut di dalam air. Campuran dapat dilakukan dengan menggunakan air sebanyak 1 galon dengan 2 sampai 4 sendok teh. Nutrisi bentuk konsentrat biasanya lebih mahal.

Kadar pH air standart pada media hidroponik adalah 5.7 hingga 6.8 pH. Untuk menaikkan kadar pH kita dapat mencampurkan air dengan potas, dan jika kadar pH yang terlalu tinggi, kita dapat menurunkan dengan larutan air dan asam fosfat.

Demikian cara menanam tumbuhan dengan teknik hidroponik, semoga panduan dan info ini dapat berguna dan dapat bermanfaat bagi anda yang ingin menanam dengan teknik.

Sumber Artikel : http://www.caramenanam.com/2013/09/hidroponik-cara-menanam-dengan-kualitas.html

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply